Harga Samsung Galaxy A31
Harga Samsung Galaxy A31

(Update) Harga Samsung Galaxy A31 November 2020

Hari ini kami akan membahas Samsung Galaxy A31 harga dan spesifikasinya, seperti apa bentuknya yuk simak ulasannya dibawah ini.

Samsung menawarkan salah satu jajaran smartphone paling menarik yaitu keluarga Galaxy A. Samsung adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang telah merilis puluhan seri ponsel tahun ini, satu yang terbaru adalah Galaxy A31.

Meski membidik konsumen kelas menengah bawah, spesifikasi Galaxy A31 sangatlah menarik. Ada banyak peningkatan fitur dan spek dibanding seri sebelumnya. Cek apa saja itu.

Desain Samsung A31 Up to Date

Samsung Galaxy A31 membawa bahasa desain yang sama dengan yang ditawarkan saudara kandungnya. Itu adalah desain modern yang serupa dengan Galaxy A51.

Membawa berat 185 gram, perangkat ini mengadopsi layar datar di area depan dimana ada lekukan berbentuk tetesan air yang tak menghabiskan banyak ruang layar.

Bezelnya pun tipis kendati tak terlalu signifikan dengan dagu masih berukuran besar juga. Membalik unit, pengguna akan menemui kamera berbentuk L yang sedang tren untuk memuat kamera quad yang disematkan dalam tonjolan kamera persegi panjang di kiri atas panel belakang.

Di samping itu, unit ini pun memboyong konstruksi sandwich tiga lapis berkat kaca depan versi Corning Gorilla Glass. Itu dilengkapi dengan bingkai yang dibuat dari plastik serta adanya tekstur panel belakang untuk memberikan tampilan laksana kaca.

Namun jangan berharap itu akan menyulap tampilannya menjadi super premium. Tepi kanan unit terpasang tombol power dan volume rocker sementara tepi kiri dijumpai slot tempat SIM ganda dan juga slot kartu memori tersendiri. Tepiannya didesain melengkung demi memudahkan memegang ponsel berukuran besar 6,4 î.

Layar Berdesain Keren Kekinian

Pada pandangan pertama, kecantikan Galaxy A31 sangat menonjol dari desain layar yang digunakan. Layar Infinity-U dengan diagonal 6,5 inci termasuk paling besar di kelasnya. Layar ini pun membawa aspek rasio lebar yang memenuhi layar dari ujung ke ujung.

Layar tadi dikemas dalam sebuah smartphone tipis (ketebalan hanya 8,6 mm) yang nyaman dalam genggaman. Panel yang digunakan adalah AMOLED. Namun ini adalah panel OLED tipe yang lebih lama.

Layarnya sanggup menghasilkan resolusi 1080 ◊ 2400 piksel dengan kepadatan 411 PPI yang cukup menakjubkan di kelasnya. Penggunaan panel AMOLED, menjadikan perangkat ini bisa mengaplikasikan fitur sensor sidik jari dalam layar (in-display fingerprint scanner). Smartphone ini pun difasilitasi fitur face recognition atau pemindai wajah pengguna.

Kemudian untuk aspek rasio yang digunakan adalah 20: 9. Itu artinya tampilan layarnya cenderung tinggi yang menjadikannya sangat menyenangkan saat digunakan untuk menonton konten video atau bermain game.

Layar mampu menghasilkan kecerahan 420 nits yang sayangnya di bawah standar 635 nits yang akibatnya pengguna tidak akan dapat melihat konten yang ditampilkan layar di bawah terik matahari langsung. Untuk warna disajikan dengan mencolok dan cerah.

Meskipun layar ini tidak mendukung fitur HDR namun di sisi lain sudah bersertifikasi Widevine L1 sehingga pengguna tentu dapat melakukan streaming konten HD.

Kamera Hebat 48MP Quad

Yang juga menjadi kelebihan spesifikasi Samsung Galaxy A31 adalah sektor imaging. Dengan kamera utama 48 megapiksel, Galaxy A31 memungkinkan pengguna untuk membuat foto atau video resolusi tinggi.

Kamera 48 MP sanggup menyuguhkan kualitas foto yang ok, apakah itu untuk outdoor ataupun indoor. Kamera utama 48 MP tersebut sejatinya merupakan kamera 12 MP. Mode default-nya diset 12 MP namun dapat dirubah menjadi mode 48 MP.

Dan kedua mode tersebut dapat menghasilkan kualitas foto sesuai harapan dimana tingkat pencahayaan gambar tak kelewat mencolok. Lalu ada kamera 8 MP Ultra Wide, pengguna dapat dengan mudah menangkap bidang pandang penuh hingga 123 derajat.

Selanjutnya ada kamera makro 5 MP dimana pengguna dapat membuat foto close-up yang halus, sementara dengan kamera kedalaman 5 MP pengguna selalu bisa mengambil foto dengan hasil bak seorang profesional.

Noise di latar belakang secara otomatis akan dihapus yang kemudian menyuguhkan hasil akhir foto yang cantik.

Samsung Galaxy A31 tampil bersama kamera depan berukuran 20 MP. Resolusi kamera depan tersebut terhitung tinggi apabila dibandingkan dengan tipe pendahulunya, Galaxy A30s yang khusus memberikan resolusi 16 MP.

Kualitas jepretan terhitung bagus dengan gambar yang mengagumkan. Namun hal itu hanya diperoleh bila situasi pencahayaan memadai. Ketika digunakan berselfie di dalam ruangan, kualitas kamera dengan cepat menurun dimana hasil gambar akan dihiasi dengan sedikit noise dan warna pun tak terlihat cerah.

Performa Ala MediaTek

Spesifikasi utama Samsung Galaxy A31 memboyong chipset MediaTek MT6768 Helio P65 octa-core yang dikembangkan berdasar proses 12nm.

Chipsetnya berjumlah delapan core dengan clock 2 ◊ 2.0GHz Cortex-A75 dan 6 ◊ 1.7GHz Cortex-A55 sementara GPU-nya yaitu Mali-G52 MC2.

Disediakan pilihan 6GB atau 8GB RAM bersama dengan penyimpanan internal yang juga diberikan pilihan 64GB atau 128GB. Perangkat ini hadir juga dengan ruang penyimpanan yang dapat diperluas hingga 512 GB menggunakan slot kartu MicroSD. Sistem keamanan Knox Samsung dibangun ke dalam perangkat keras dan perangkat lunak untuk Galaxy A31.

Dengan keamanan berlapis, Samsung Knox akan melindungi informasi paling sensitif pengguna dari malware dan ancaman lainnya. Kemudian ada Pemindai sidik jari di layar yang menawarkan identifikasi biometrik berteknologi tinggi, sehingga pengguna dapat yakin bahwa hanya ia yang dapat membuka kunci ponsel.

Kombinasi dengan Samsung Pay membuat transaksi pembayaran secara non tunai akan lebih aman dan mudah. Baterai 5000 mAh memberikan energi yang cukup untuk seharian penggunaan intensif tanpa mengisi ulang. Anda dapat mengisi ulang ponsel dalam waktu 30 menit berkat pengisi daya Pengisian Cepat 15W.

OS Android 10

Sistem operasi Android 10 menawarkan sejumlah peningkatan dan perubahan dari versi sebelumnya. Tak ada lagi tombol Back.

Google memilih navigasi melalui gerakan di Android 10 ini. Satu keunggulan mengesankan dari Galaxy A31 ini untuk software yaitu interface One UI 2.1 buatan Samsung. UI tersebut menawarkan fitur yang termasuk asyik.

Sejumlah fitur menarik yang disediakan One UI misalnya pilihan mode layar vivid atau natural, buka cepat edge screen, ikon aplikasi yang terlihat lebih besar, dan masih banyak lagi. Kecuali itu, Samsung Galaxy A31 pun telah memfasilitasi fitur NFC.

Fungsi tersebut pastinya harus tersedia sebagai fitur standar ponsel terbaru kelas menengah. Hadirnya NFC bisa menjadi magnet tersendiri sebab tidak banyak smartphone terbaru di kelasnya yang mengusung fitur ini.

Harga Samsung Galaxy A31 Terbaru

Menghadirkan tiga pilihan warna yang semuanya cantik. Membidik pangsa konsumen usia muda atau generasi milenial, harga Samsung Galaxy A31 masih cukup rasional. Untuk varian RAM 6GB dengan ROM 128GB ditawarkan sebesar Rp.3.999.000.

Sedangkan harga Samsung Galaxy A31 versi 8GB/128GB dijual sebesar Rp.4.099.000. Konsumen di Indonesia dapat memesannya secara daring dari situs resmi Samsung Indonesia atau juga marketplace besar tanah air.