Samsung Galaxy A11
Samsung Galaxy A11

(UPDATE) Harga Samsung Galaxy A11 November 2020

Kali ini kita akan membahas Harga Samsung Galaxy A11 dan Spesifikasinya secara lengkap. Ponsel Samsung dengan banderol harga 1,9 Jutaan dengan tampang ciamik. Simak yuk ulasan lengkapnya.

Samsung akhirnya memperkenalkan Galaxy A11. Bukan dengan siaran pers, sebagai gantinya, smartphone terbaru ini tiba-tiba terpajang di situs resmi Samsung. Sebagai tipe terbaru dari keluarga Galaxy A, tentu A11 mendapatkan berbagai spesifikasi terbaru yang lebih mumpuni dibanding suksesor sebelumnya. Simak lebih lanjut apa saja spesifikasi andalan Samsung Galaxy A11 ini.

Tampilan Glossy

Samsung Galaxy A11 khusus dibuat produsen untuk menyasar konsumen dari kalangan muda atau yang disebut Gen Z. Samsung Galaxy A11 tersedia dengan dua opsi warna ialah putih dan satunya lagi hitam.

Ponsel ini menerapkan sentuhan akhir yang terlihat glossy dimana ada sedikit kilau holografik yang bisa meningkatkan aura penuh gaya. Bodi Galaxy A11 membawa bagian tepian bermodel lengkung dimana diproduksi dari plastik Polikarbonat.

Tampilan belakang terlihat simpel bebas dari hadirnya ornamen pelengkap, cuma terpasang komposisi tiga lensa kamera vertikal ditambah lampu LED Flash serta sensor sidik jari.

Tepi kanan ditempati tombol power dan volume naik turun. Lalu cuma tampak SIM Tray di samping kiri. Beralih ke tepi atas, di sana hanya dijumpai celah audio jack 3,5mm sementara di tepi bawah ada port USB Type-C, speaker dan microphone.

Samsung Galaxy A11 membawa ukuran 161.4 x 76.3 x 8 mm dan berat unit mencapai 177 gram. Di area belakang, Samsung Galaxy A11 memboyong tiga sensor kamera utama dengan susunan tegak dimana modul yang membingkainya dibuat berwarna hitam.

Layar LCD 6,4 inci HD + Infinity O

Layar dengan resolusi HD + sangat populer di segmen ponsel Android kelas menengah. Meski saat ini hampir semua ponsel untuk kelas midrange sudah dilengkapi dengan layar Full HD + namun produsen lebih memilih membekali Galaxy A11 dengan panel PLS TFT HD + yang mampu menghasilkan resolusi 720 x 1560 piksel. Layarnya memiliki takik Infinity O untuk menempatkan sensor kamera selfie.

Spesifikasi layar Galaxy A11 Itu tidak terlalu menghasilkan visual yang tajam, tapi cukup untuk penggunaan sehari-hari dengan nyaman.

Hanya saja sedikit disayangkan pihak produsen tak memberikan proteksi khusus untuk bagian layar ini. Konsumen mesti membeli sendiri pelapis anti gores tambahan untuk melindungi layar.

Tiga Kamera di Belakang

Masa dimana smartphone kelas bawah harus puas dengan kamera tunggal di belakang sepertinya telah usai.

Kini Samsung membekali model entry level dengan modul kamera yang memboyong tiga lensa. Fitur yang tadinya cuma disiapkan untuk perangkat yang lebih mahal seperti seri Samsung Galaxy A50.

Modul kamera meliputi kamera utama 13 MP. Lalu ada sensor kedalaman (depth) 2 MP, yang memungkinkan untuk menghasilkan segala macam efek yang sangat cantik. Umpamanya, efek bokeh bisa dinikmati dengan lensa ini, di mana latar belakang gambar diburamkan.

Selain itu, spesifikasi Samsung Galaxy A11 ini pun memiliki kamera 5 megapiksel dengan lensa sudut lebar, yang mampu menangkap gambar secara lebih luas yang sangat berguna untuk membuat foto grup beramai-ramai.

Tentu saja ada kamera di depan untuk berfoto selfie. Itu difasilitasi dengan lensa tunggal resolusi 8 MP. Lensa kamera tersebut bukan dalam notch, tapi di lubang kecil di layar.

Ini berarti ada lebih banyak ruang untuk layar untuk bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya. Lubang kecil di layar itu oleh Samsung disebut layar infinity O sebuah fitur yang tadinya berasal dari perangkat Samsung Galaxy yang lebih mahal.

Dapur Pacu Octacore Ngebut

Galaxy A11 ditenagai oleh prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 450 dan memiliki RAM yang kapasitasnya diberikan pilihan 2GB atau 3GB. Performanya juga didukung oleh keberadaan chip grafis tipe Adreno 506.

Spesifikasi Snapdragon 450 benar-benar mirip dengan Snapdragon 625. Boleh dikatakan CPU tersebut merupakan varian yang di-underclock dari Snapdragon 625.

Itu merupakan CPU Octa-Core yang mempunyai 8 core ARM Cortex-A53 yang bisa menembus kecepatan 1.8GHz. Hanya saja kecepatan maksimal Snapdragon 625 sedikit lebih tinggi yaitu mencapai 2.0GHz.

Suksesor sebelumnya yaitu Qualcomm Snapdragon 435 pun mengaplikasikan delapan inti Cortex-A53 namun menjalankan kecepatan maksimal hanya sampai 1,4 GHz.

Sementara untuk prosesor grafis, SD 450 mengadopsi GPU Adreno 506 yang kuat yang cukup mengesankan. Snapdragon 450 pun menggunakan RAM LPDDR3 Saluran Tunggal dan DSP Hexagon 546.

Lalu untuk fitur Modem, otak utama A11 ini memboyong Modem Qualcomm X9 LTE ??sebagaimana yang juga digunakan di seri Snapdragon 435 dan 625.

Modem tersebut mendukung kecepatan download sampai 300 Mbps. Kelebihan lain dari Snapdragon 450 adalah sudah mendukung fitur Pengisian Cepat dengan bantuan teknologi Qualcomm QuickCharge 3.0.

Hanya saja, itu adalah pilihan pabrikan apakah akan menerapkan pengisian cepat pada ponsel cerdas atau tidak. Dan Samsung pun telah menyertakan fitur pengisian cepat itu ke Galaxy A11.

Beberapa peningkatan lain seperti mendukung Bluetooth versi 4.1, dan versi USB 3.0. Manufaktur 14nm memastikan empat jam ekstra penggunaan smartphone bila dibanding dengan Snapdragon 435.

Kendati inti CPU dari kedua Prosesor tersebut serupa, kecepatan clock yang lebih tinggi menjadikannya 25% lebih cepat. SOC itu pun mendukung perekaman dan pemutaran video 60fps. Sama seperti kinerja prosesor, kinerja Chip Grafis pun ditingkatkan sebesar 25%.

Ketika membahas mengenai kemampuan Gaming, GPU menjalankan peran penting yang dalam hal ini adalah GPU Adreno 506. Unit Pemrosesan Grafik tersebut menghasilkan kinerja yang layak.

Karena Proses 14nm mengurangi pelambatan, hal ini secara tidak langsung dapat berdampak pada kinerja GPU tersebut. GPU tersebut dapat menangani setiap game Android dengan mudah pada Layar 1080p.

Ini tentu spesifikasi yang sangat diharapkan oleh para penggemar game mobile khususnya dari kalangan muda.

Dengan label harga murah, Galaxy A11 mengadopsi sistem operasi Android 10 yang dipercantik dengan tampilan antarmuka One UI 2.0.

Perangkat lunak buatan Samsung tersebut menampilkan ikon kaya warna namun tetap terlihat sederhana sebagai ciri khas Samsung selama ini. Disiapkan pula fitur terbaru, diantaranya Dark Mode yang akan menghemat penggunaan daya baterai. Sangat menyenangkan karena perangkat ini telah dilengkapi dengan baterai yang cukup besar yang kapasitasnya mencapai 4000mAh.

Ponsel dengan baterai jumbo seperti ini seharusnya bisa digunakan hingga dua hari tanpa perlu isi ulang. Dan saat dicas, pengguna pun dapat melakukannya dengan pengisi daya cepat 15 Watt yang akan memperpendek waktu pengisian.

Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Dimensi
Panjang161.4 mm
Lebar76.3 mm
Ketebalan8 mm
Berat177 g
WarnaBlack, White, Blue, Red
Layar
Panel LayarTFT capacitive touchscreen
Ukuran6.4 inches (Infinity-O Display)
Resolusi720 x 1520 pixels
Rasio19.5:9
Kerapatan~268 ppi
Pelindung
Hardware & Software 
ProcessorOcta-core 1.8 GHz
Sistem OperasiAndroid 10
User InterfaceOne UI 2.0
Ram2/3 GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalmicroSD, up to 512 GB
Kamera Belakang
Resolusi13 MP, f/1.8, 28mm (wide), AF
5 MP, f/2.2 (ultrawide)
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected], [email protected]/60fps (gyro-EIS), [email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP, f/2.0
FiturHDR
Video[email protected]
Konektivitas
Sim CardDual-SIM
InternetHSPA, LTE-A
Wi-FiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, EDR
Port USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
NavigasiA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Baterai
KapasitasNon-removable Li-Po 4000 mAh
FiturFast battery charging 15 W
SensorFingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Harga Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11 tersedia dalam berbagai warna: merah, putih, biru dan hitam. Perangkat tersebut diperkenalkan pertama kali pada Maret 2020.

Harga Samsung Galaxy A11 cukup terjangkau sebagaimana dikutip dari situs resmi Samsung, banderolnya hanya Rp.1.899.000. Konsumen di Indonesia tak hanya dapat memesan perangkat ini dari situs resmi Samsung namun juga beberapa marketplace besar.