Samung Galaxy A1 Core
Samung Galaxy A1 Core

(UPDATE) Harga Samsung Galaxy A01 Core November 2020

Kali Ini kami akan membahas Samsung Galaxy A01 Core, baik itu soal harga dan spesifikasinya, desain serta fitur andalannya. So simak ulasannya dibawah ini ya.

Sesekali, Samsung menawarkan ponsel low end ke pasaran yang membawa embel-embel nama “Core”. Sebagaimana nama yang digunakan, Samsung Galaxy A01 Core betul-betul hanya menyediakan “inti”.

Itu artinya pengguna cukup menggunakannya untuk menelepon atau beraktifitas internet bersama ponsel Android terjangkau ini. Simak apa saja yang bisa diandalkan dari spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core dari uraian berikut ini.

Konsumen tidak usah berharap ponsel ini membawa spesifikasi high-end melihat harga yang ditawarkan. Namun itu tentu tak akan banyak dipersoalkan oleh kalangan konsumen kelas bawah.

Prinsip mereka, ponsel andalan adalah yang lancar digunakan untuk beraktifitas internet termasuk membuka YouTube, jejaring sosial dan browsing mencari informasi.

Segmen kelas bawah di Indonesia sampai saat ini masih mendominasi pasar ponsel dalam negeri. Wajar jika Samsung pun melirik konsumen ini dengan rutin menghadirkan berbagai tipe terbaru Galaxy termasuk seri A01 Core yang baru dirilis awal Agustus 2020 ini

Tampilan Tak Mengecewakan

Samsung Galaxy A01 Core adalah ponsel dengan gaya yang cukup standar. Bezel di sekeliling layar lumayan tebal untuk standar saat ini.

Kecuali itu, pengguna pun tak akan menemukan notch atau lubang di layar pada ponsel ini. Galaxy A01 Core menawarkan rancangan kekinian dalam bentuk rhytmical pattern yang terlihat berkelas.

Pola ritmis tadi adalah pola garis-garis lurus yang selain mampu meningkatkan estetika juga sangat fungsional untuk menahan ponsel terlepas dari genggaman karena licin.

Sebagai pengisi market kelas bawah, material bodi Galaxy A01 Core pun hanya mengandalkan bahan plastik baik untuk casing dan juga frame tulangan. Meski hanya plastik, namun secara build, bodi yang ditawarkan terasa sangat solid tak mudah retak.

Samsung Galaxy A01 Core pun menawarkan desain yang minim tombol fisik. Pihak vendor telah meniadakan tombol Home fisik yang pernah menjadi ikon desain ponsel buatannya, yang kini digantikan dengan tombol Home virtual di dalam layar.

Di bodi perangkat ini, pengguna cuma akan menjumpai tombol power dan volume di sebelah kanan tubuh, hanya saja posisinya kini sedikit ke atas bila dibandingkan dengan seri ponsel entry level Samsung yang lain.

Kecuali itu, pengguna pun akan menjumpai lubang speaker serta jack headphone 3,5mm di tepi bawah unit.

Bodi yang ditawarkan pun cukup ramping dimana ketebalannya hanya 8,6mm. Saat dipegang, ponsel ini cukup terasa kompak dan tak mudah membuat tangan pegal.

Wajar saja sebab bobot Hp ini hanya 150 an gram yang termasuk ringan di kelasnya. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih konsumen yakni hitam, biru, dan merah. Warna yang dipilih Samsung untuk kesing A01 adalah warna dof yang tak terlihat murahan.

Secara keseluruhan untuk tampilan bodi Galaxy A01 tidaklah mengecewakan meski bukan yang terbaik.

Layar Kualitas HD+

Ponsel ini membawa fitur layar berkualitas HD + 5,3 inch yang menyuguhkan resolusi 720 x 1480 piksel dimana panel yang digunakan adalah tipe PLS LCD TFT.

Panel PLS merupakan panel yang dikembangkan dan diproduksi oleh Samsung sebagai teknologi layar dengan banyak kelebihan.

Kinerjanya sangat mirip dengan tipe layar IPS. Hanya saja untuk biaya produksi panel PLS ini lebih rendah sekitar 15% dibandingkan dengan memproduksi panel IPS.

Kelebihan dan kekurangannya sangat mirip dengan panel IPS. Kelebihan panel ini yaitu biaya produksinya yang lebih rendah dari panel IPS.

Sementara kelebihannya secara umum yaitu memiliki sudut pandang lebar hingga 178 derajat, kecerahan tinggi, respon cepat dan akurasi warna yang dapat diandalkan. PLS sendiri kepanjangannya Plane to Line Switching.

Teknologi panel layar ini bekerja dengan menggerakkan semua elektroda yang berada pada bidang yang sama, dimana molekul kristal cair digerakkan oleh medan listrik vertikal dan horizontal secara terus menerus.

Jeroan Andal di Kelasnya

Galaxy A01 Core secara spesifikasi boleh jadi tak begitu oke. Contohnya, pihak vendor menggunakan chipset MediaTek MT6739 Quadcore dengan clocking pada 1.5GHz yang juga digunakan di merek Nokia 1.

Chipset tersebut lalu ditunjang dengan keberadaan RAM yang pilihannya 1 GB atau 2 GB.

Sedangkan untuk memori internal, Samsung pun menawarkan dua varian ialah kapasitas 16 GB untuk yang RAM 1 GB dan 32 GB untuk yang RAM 2 GB.

Spesifikasi Galaxy A01 pun mendukung perluasan kapasitas penyimpanan dengan keberadaan slot untuk kartu MicroSD yang maksimal dapat diisi sampai 512 GB.

Sebagai pemasok daya, A01 Core menyediakan baterai tanam dengan kapasitas 3.000mAh. Diklaim baterai yang dibawanya tersebut sanggup untuk digunakan beraktifitas hingga seharian lamanya tanpa perlu cas ulang.

Secara software, Galaxy A01 Core menyediakan operating system Android Go berbasis Android Oreo. Sistem Android ringan ini memuat hanya 9 aplikasi ringan mulai dari Google Go, Asisten Google Go, YouTube Go, Google Maps Go, Gmail Go, Gboard Go, Google Play Store, Chrome dan Files Go, serta aplikasi manajemen file yang lebih baik.

Dengan begitu akan bisa membantu pengguna dalam menghemat penggunaan kuota internet. Di samping itu sistem pun tak akan terbebani dengan komputasi yang berat sebab aplikasi-aplikasi Go tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa berjalan dengan lancar di hardware berspesifikasi rendah.

Android Oreo Go Edition menawarkan berbagai fitur baru yang menakjubkan yang akan menghemat masa pakai baterai. Sistem operasi ini pun memiliki koleksi emoji yang sangat menarik, dan juga font yang mengesankan.

Ini dirancang untuk ponsel bujet dengan RAM 512MB atau 1GB. OS-nya lumayan ringan, memerlukan lebih sedikit space penyimpanan serta mendongkrak kinerja.

Waktu startup pun 30% lebih cepat ditambah kinerja tinggi dalam hal pengoptimalan ruang penyimpanan. Android Go pun membawa fitur manajemen default serta sistem keamanan yang cukup mengesankan.

Kamera Standar

Samsung Galaxy A01 Core mengusung fitur kamera belakang tunggal beresolusi 8 MP yang mempunyai aperture f / 2.2, autofokus, ditambah fitur zoom digital sampai pembesaran 4x.

Sementara untuk kamera depan, andalannya adalah sensor 5 MP yang mampu menghasilkan foto selfie yang cukup apik. Kamera depan ini pun handal untuk aktifitas panggilan video.

Formasi imaging tersebut mengalami pengurangan dibanding fitur kamera yang dibawa Galaxy A01 yang menawarkan kamera utama dual yaitu kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4) dengan fungsi untuk menghasilkan kesan bokeh pada foto berposisi portrait.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01 Core

Layar
Panel LayarPLS TFT capacitive
Ukuran5.14 inches
Resolusi720 x 1480 pixels
Rasio18.5:9
Kerapatan~320 ppi
Hardware & Software
ChipetMediatek MT6739WW (28 nm)
ProcessorQuad-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8100
Sistem OperasiAndroid 10 (Go edition)
Ram1 GB
Memori Internal8 GB
Memori EksternalSupport MicrOSD
Kamera Belakang
Resolusi8 Megapixel
FiturLED flash, Autofocus
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi5 Megapixel
Fitur
Video[email protected]
Konektivitas
Sim CardDual SIM
InternetHSPA, LTE
Wi-FiWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
Port USBmicroUSB 2.0
GPSA-GPS
Baterai
KapasitasLi-Ion 3000 mAh
Fast Charging
SensorAccelerometer

Harga Samsung Galaxy A01 Core

Bila harga Samsung Galaxy A01 varian RAM 1GB dengan ROM 16 GB dibanderol Rp.999.000 maka untuk varian RAM 2 GB dan ROM 32 GB ditawarkan sebesar Rp.1.299.000.

Ponsel Android terbaru Samsung segmen bawah ini sudah dapat dipesan secara online di beberapa marketplace besar tanah air. Pun juga tersedia di toko ritel Hp di berbagai tempat.