Suka Pelajaran Biologi? Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah IPA, Ini 4 Program Studi yang Bisa Anda Masuki

Pecinta mata pelajaran Biologi, sekarang bisa bernafas dengan lega untuk mencari jurusan kuliah IPA, pasalnya kini ada banyak sekali jurusan dalam perkuliahan yang bisa dimasuki oleh para siswa SMA yang gemar dengan pelajaran ini. Sebenarnya tidak hanya mereka yang gemar dengan Biologi yang bisa masuk jurusan kuliah ini.

Mereka yang ketika SMA mengambil jurusan IPA pun bisa mengambil jurusan ini. Karena pada dasarnya Biologi adalah cabang dari pelajaran IPA. Nah, bagi Anda yang sudah memasuki sekolah kelas 12 SMA harus mulai mencari informasi tentang jurusan apa yang tepat dan sesuai serta berhubungan dengan jurusan yang telah kamu ambil semasa SMA.

Beberapa Jurusan Kuliah IPA yang Terbaik

Beberapa jurusan kuliah IPA berikut ini, mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih jurusan, terutama bagi Anda yang sangat menyukai pelajaran Biologi. Karena jika sebelumnya Anda mungkin berpikir harus memilih jurusan kedokteran, kini Anda bisa lebih banyak pilihan, tentunya dengan prospek pekerjaan yang juga lebih banyak peluangnya.

READ  Jasa SEO Backlink Murah Dan Berkualitas Bisa Dapatkan Disini

Bioteknologi

Salah satu cabang dari ilmu Biologi yang cukup dibutuhkan dalam dunia pekerjaan adalah Bioteknologi. Dalam Bioteknologi, Anda akan mempelajari teknologi yang berguna untuk pemanfaatan makhluk hidup.

Tentunya hal ini biasa digunakan dalam skala besar, sehingga dapat menghasilkan produk yang berguna bagi manusia. Pengembangan ilmu dalam jurusan kuliah IPA ini, sekarang sudah sangat berkembang pesat, sehingga untuk prospek pekerjaan pun Anda bisa menjadi Biomedis, seorang peneliti bioinformatika atau Teknisi Pembangkit Biomassa.

Teknologi Pangan Merupakan Jurusan Kuliah IPA yang Banyak Peminat

Jurusan kedua yang bisa dimasuki oleh pecinta mata pelajaran Biologi adalah Teknologi Pangan. Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari produksi makanan, kebutuhan gizi konsumen dan memastikan makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Memang dalam jurusan kuliah IPA ini, tidak hanya mata pelajaran Biologi yang akan Anda dapatkan, mata pelajaran kimia juga akan Anda pelajari, karena dalam makanan tentu ada unsur biologis dan kimiawi yang dapat berdampak ke tubuh manusia. Untuk peluang pekerjaannya, Anda bisa menjadi Quality Control, ahli Teknologi Pangan dan Peneliti.

READ  Ketahui Hal Ini Untuk Dapatkan Forum Jual Beli Artikel Yang Terbaik!

Rekayasa Pertanian

Rekayasa pertanian adalah salah satu jurusan yang sangat penting bagi swasembada pangan dan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Karena jurusan ini memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan kebutuhan pokok dan kualitas masyarakat.

Masuk di jurusan kuliah IPA yang satu ini dan mempelajari prinsip-prinsip rekayasa biosistem, termasuk membangun dan mengelola sistem perkebunan dan pertanian di negara Indonesia akan sangat membantu pengembangan sistem pertanian dan perkebunan. Untuk peluang pekerjaannya, Anda bisa menjadi Ahli Tehnik Pertanian dan Manajer Pertanian.

Agroekoteknologi

Jurusan ini sebenarnya merupakan gabungan dari 3 program studi seperti Ilmu Tanah, Agronomi, Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Untuk Agroekoteknologi, Anda akan mempelajari dasar-dasar ilmiah tentang segala masalah yang terjadi dalam bidang agronomi.

Selain itu, dalam jurusan kuliah IPA yang satu ini Anda juga dapat menemukan dan menganalisa dengan cara berpikir kreatif, eksploratif dan analitik. Sehingga beragam inovasi dapat dilakukan dan dihasilkan untuk pengembangan pertanian Indonesia di masa depan.

READ  Ketahui Beberapa Hal Lebih Dalam Tentang Jasa Artikel Spintax Ini!

Adapun untuk prospek pekerjaan, Anda bisa menjadi seorang Peneliti Tanah dan Tumbuhan, Manager Pertanian dan Peternakan, dan Manajer Pembibitan Rumah Kaca serta masih banyak lagi.

Budidaya Perairan

Jurusan kuliah IPA yang masih berhubungan dengan mata pelajaran Biologi adalah Budidaya Perairan. Di jurusan ini Anda akan mempelajari tentang bagaimana pemeliharaan, penangkaran, pengembangbiakan hewan atau biota yang ada di perairan air tawar ataupun laut.

Sebagai negara agraris, Indonesia sangat membutuhkan banyak lulusan dari jurusan ini, karena hampir 70% wilayah Indonesia terdiri dari perairan dan banyak sekali yang belum digarap secara tuntas.

Untuk itu, jika Anda masuk jurusan kuliah IPA ini, Anda juga dapat bekerja sebagai pengajar Ilmu Agrikultur, Manajer Akuakultural  atau seorang Ahli Peternakan dan Pengembangbiakan Hewan serta ahli Konservasi Air dan Tanah.

Demikian 4 jurusan bergengsi yang ada di jurusan kuliah IPA yang bisa Anda masuki, sebagai penggemar Biologi. Untuk tahu lebih lanjut jurusan lainnya, Anda bisa mengunjungi website goKampus langsung.